-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Atasi Piston Rem Cakram Motor Macet



Atasi Piston Rem Cakram Motor Macet


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara atasi piston rem cakram motor macet.


Piston pada rem cakram terletak pada bagian kepala babi atau secara bahasa lebih umumnya adalah kaliper.

Dari apa yang pernah kami alami, piston rem cakram yang macet ini biasanya terjadi karena faktor usia hingga kelalaian pengguna motor itu sendiri.

Nah dalam artikel ini kami akan coba membahas mengenai cara mengatasi piston pada rem cakram yang macet, namun sebelum itu kami akan coba uraikan dulu beberapa penyebab piston rem cakram yang macet.

Penyebab Rem Cakram Motor Macet

Penyebab dari rem cakram pada motor yang macet salah satunya adalah karena piston pada kaliper tersendat hingga membuat piston enggan kembali pada posisinya setelah berhasil melakukan tekanan pada kampas rem.

Tersendatnya piston rem ini dapat terjadi karena piston kotor hingga karena minyak rem yang perlu dikuras atau perlu diganti.

Dari apa yang kami alami, piston rem sendiri jika dikelilingi oleh debu atau kotoran bahkan oleh karat maka kemungkinan piston rem tidak mau bekerja dengan normal.

Selain itu, jika minyak rem sudah tidak jernih dan banyak menampung karat dari area master rem atau dari piston rem itu sendiri, maka kemungkinan piston pada rem cakram tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Ciri-Ciri Piston Rem Cakram Macet

Ada ciri-ciri khas yang menandakan bahwa piston pada rem cakram mengalami macet. Ciri tersebut diantaranya adalah:

1. Ketika rem sudah ditekan, maka rem cakram masih menggigit piringan cakram karena piston enggan kembali ke posisi “bebas”.

2. Ketika tuas rem ditekan, piston enggan mengigit kampas rem karena piston terhambat oleh kotoran sehingga proses mengigit atau menekan kampas rem jadi terganggu (berbeda dengan masuk angin, saat piston macet maka tuas rem tidak mengalami “los”).

Nah dua ciri-ciri tersebut sudah dapat membahayakan keselamatan kita dalam berkendara sepeda motor di jalan raya. Oleh sebab itu mari kita bahas sub bab berikutny.

Cara Mengatasi Piston Rem Cakram Macet

Cara mengatasinya cukup susah-susah gampang, namun kami akan coba jabarkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Siapkan perlatan yang dibutuhkan (sesuaikan dengan baut dan mur yang ada di area kaliper rem, tiap motor memiliki ukuran baut dan mur yang berbeda-beda). Jangan lupa siapkan wadah untuk membuang minyak rem, dan tentunya lap untuk membersihkan minyak rem.

2. Posisikan sepeda motor pada standar dua agar proses perbaikan jadi lebih leluasa.

3. Buka kaliper rem dan bongkar kampas remnya.

4. Buang minyak rem dan usahakan ganti seal master rem serta minyak remnya.

5. Bersihkan area piston rem dan area sealnya juga (ingat jangan sampai tergores secara dalam). Jangan lupa lepaskan dulu piston remnya dengan menariknya keluar menggunakan tang. Agar tidak lecet, alasi tangnya menggunakan lap agar bagian piston tidak lecet dan tergores.

6. Pasang kembali yang tadi sudah lepaskan.

7. Isi dengan minyak rem dan jangan lupa dibuang angin palsunya agar rem tidak ngelos atau tidak dapat direm.

8. Jika piston rem masih tidak bekerja dengan normal, maka opsi yang dapat dilakukan adalah mengganti satu set kelengkapan rem cakram (opsi ini hanya untuk yang tidak mau ribet dan jika ingin upgrade ke rem cakram aftermarket seperti merek KTC, Brembo, dan lain-lain).

Perlu diingat bahwa rem cakram merupakan rem yang dalam perbaikannya cukup susah-susah gampang. Jadi jangan gampang menyerah dalam proses perbaikan atau perwatannya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript