-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Standar Honda Sonic 150


 
Ukuran Gear Standar Honda Sonic 150
Sumber: astra-honda.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear standar dari Honda Sonic 150.


Honda Sonic 150 merupakan motor dengan jenis ayam jago atau ayago yang diproduksi dan dijual oleh Astra Honda Motor (AHM).

Motor berharga 20 jutaan ini setidaknya sukses menghadang penjualan dari Suzuki Satria F150 yang mana keduanya sama-sama merupakan motor dengan jenis ayam jago.

Nah salah satu piranti yang biasanya habis pakai adalah gear. Gear yang kami maksud adalah final gear yang mana menyalurkan putaran mesin menuju roda bagian belakang.

Gear pada sepeda motor memiliki ukuran tersendiri dan biasanya tidak dapat disubtituasikan atau digantikan dengan gear dari motor dengan pabrikan yang berbeda.

Gear dan rantai sendiri bisa tahan hingga 30.000 Km, namun penggunaan yang kurang tepat dapat menyebabkan usia dari gear menjadi tidak tahan lama.

Nah untuk kalian yang hendak mencari ukuran gear standar dari Honda Sonic 150, kurang lebih ukuran gearnya adalah sebagai berikut:

Ukuran gear depan dari Honda Sonic 150 adalah 15, sedangkan ukuran gear belakang Honda Sonic adalah 42.

Angka 15 maupun angka 42 sendiri merupakan jumlah dari mata gear standar dari Honda Sonic 150.

Jadi jika ukuran gear adalah 15, maka pada satu lingkaran gear terdapat 15 mata gear atau gigi. Begitu juga jika ukuran gear adalah 42, maka pada satu lingkaran gear terdapar 42 mata gear.

Dengan ukuran 15 pada gear depan dan 42 pada bagian gear belakang, maka rasio dari final gear Honda Sonic 150 adalah sebesar 2.8.

Angka tersebut didapat dari hasil pembagian atau perbandingan gear belakang (42) dan gear depan (15).

Untuk melakukan modifikasi atau ubahan pada ukuran gear, maka ada acuan atau patokan tersendiri.

Acuan dalam mengganti gear adalah semakin tinggi angka rasionya, maka semakin besar akselerasi motor namun nafasnya menjadi pendek. Sebaliknya jika angka rasionya rendah, maka akselerasi berkurang namun nafas semakin panjang.

Misal kita ingin Honda Sonic 150 menjadi lebih galak di tanjakan, artinya kita butuh akselerasi yang lebih besar. Maka kita ubah rasio gearnya dengan mengganti gear depan atau belakang.

Rekomendasi yang kami berikan adalah ganti gear belakangnya dengan ukuran yang lebih besar misal ukuran 45. Maka bila ukuran gear depan adalah 15 sedangkan gear belakangnya adalah 45, maka rasio gear akhirnya adalah sebesar 3.

Angka 3  ini lebih besar dari 2.8  maka motor akan memiliki akselerasi yang lebih baik namun nafasnya atau top speed-nya jadi berkurang.

Nah jika kita ingin mengejar top speed, maka turunkan saja angka rasio gearnya. Kita ambil contoh dengan mengganti gear belakang dengan ukuran 40, maka rasio yang didapat dari gear depan dengan ukuran 15 dan ukuran gear belakang dengan ukuran 40 adalah 2.6. Angka ini akan membuat top speed menjadi lebih baik, namun akselerasi jadi lebih berkurang jika dibandingkan dengan angka rasio gear 2.8.

Ingat untuk tidak melakukan ukuran gear secara kontras, misal ukuran gear standarnya adalah ukuran 42, maka jangan langsung ganti ke ukuran 47, karena ada kemungkinan efeknya akan membuat motor jadi kurang enak digunakan.

Kecuali jika memang kita sudah dengan matang menghitung kondisi motor dan keadaan jalan. Oh iya, jangan lupa pula untuk mengubah panjang rantai bila sudah mengganti ukuran gear.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript