-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pengertian Motor Touring dan Jenis-Jenis Motor Touring



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari motor touring beserta jenis-jenis dari motor touring.


Salah satu motor yang banyak dibeli adalah motor dengan kebutuhan touring. Berbeda dengan motor-motor yang didesain untuk keperluan jalanan perkotaan dan untuk keperluan sehari-hari (stop and go), karakter dari motor touring biasanya lebih unggul untuk perjalanan jarak jauh (kurang cocok untuk gaya berkendara yang stop and go).

Pengertian Touring

Touring sendiri menurut hemat kami adalah:

Touring merupakan aktivitas melakukan perjalanan jauh (tur) ke tempat tertentu yang biasanya dilakukan menggunakan kendaraan bermotor yang dikhususkan untuk perjalanan jauh.

Dari definisi touring di atas dapat kita pahami bahwa ada motor yang memang dikhususkan untuk keperluan touring.

Beberapa ciri dari touring diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Touring biasanya dilakukan dari suatu tempat ke tempat lain yang jaraknya relatif jauh. Bisa antar kota/ kabupaten, hingga antar negara.

2. Touring biasanya dilakukan menggunakan motor khusus yakni motor touring, adventure, cruiser, maupun motor umum yang sedikit dimodifikasi untuk keperluan perjalanan jauh.

3. Touring menjadi agenda bagi sebagian komunitas motor yang mana dengan demikian biasanya touring dilakukan secara berkelompok.

4. Meski sering dilakukan oleh kelompok tertentu, namun tak jarang touring juga dapat dilakukan secara seorang diri.

5. Perlengkapan berkendara untuk touring diantaranya adalah jaket touring, sarung tangan, protekor, dan lain-lain.

Pengertian Motor Touring

Dilansir dari wikipedia, motor touring didefinisikan sebagai berikut:

Motor touring adalah jenis sepeda motor yang didesain untuk kenyamanan perjalanan jauh namun memiliki posisi mengemudi yang lebih netral dari cruiser.

Selain dari dari definisi di atas, dari segi performa, motor touring biasanya lebih galak pada putaran mesin menengah hingga putaran atas.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa motor touring adalah motor yang secara desain diperuntukan untuk kenyamanan perjalanan jarak jauh dan dari segi performa mesin biasanya lebih galak pada putaran mesin menengah hingga putaran atas.

Jenis-Jenis Motor Touring

Dari Wikipedia, setidaknya kami ketahui bahwa ada tiga jenis dari motor touring yakni cruiser, adventure, hingga sport touring. Sebagai tambahan, kami juga menambahkan dua kategori yang nantinya akan kami bahas di bawah ini:

1. Cruiser

Yang pertama adalah motor cruiser. Dikutip dari Wikipedia.org, motor cruiser dimaknai sebagai berikut:

Motor Cruiser (sering kali disebut motor Harley) adalah jenis motor yang memiliki posisi mengemudi unik di mana posisi stang terletak lebih ke atas dari motor biasa, letak kursi yang rendah, dan peletakkan kaki yang sedikit memanjang. Posisi mengemudi ini menciptakan kenyamanan untuk perjalanan jauh. Rata-rata motor cruiser memiliki pengendalian yang terbatas dibanting motor biasa. Jenis motor ini diperkenalkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1930an hingga tahun 1960an seperti Harley-Davidson, Indian, dan Excelsior-Henderson. Chopper adalah variasi modifikasi dari cruiser.

Dapat kita ambil benang merahnya bahwa motor cruiser merupakan motor yang dibuat untuk menjelajah jalanan aspal dengan jarak yang jauh (layaknya kapal pesiar yang mengarungi samudera dengan jarak yang jauh).

Salah satu contoh motor cruiser adalah Honda Gold Wing.

Pengertian Motor Touring dan Jenis-Jenis Motor Touring
Honda Gold Wing. Sumber: astra-honda.com


2. Adventure

Motor adventure merupakan motor yang dipergunakan untuk keperluan jarak jauh atau bisa juga jarak dekat, namun peruntukannya memang dibuat untuk keperluan jarak jauh.

Sama seperti pengertiannya, adventure artinya berpetualang atau berjelajah (adventure merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang artinya adalah berpetualang atau berjelajah). Jadi memang motor dengan model adventure ini secara fungsi sering digunakan untuk keperluan perjalanan jarak jauh.

Motor adventure identik dengan ban besar dengan tapak untuk segala medan (dual purpose), halu-halu yang tinggi, serta penggunaan box-box tambahan sebagai bagasi.

Contoh motor adventure adalah Viar Vortex.

Pengertian Motor Touring dan Jenis-Jenis Motor Touring
Viar Vortex. Sumber: viarmotor.com


3. Sport Touring

Dilansir dari Wikipedia, motor sport-touring dimaknai sebagai:

Sepeda motor jenis sport touring menggabungkan desain motor touring dengan motor sport sehingga memiliki kenyamanan dan performa yang seimbang.

Kami sendiri membagi motor sport touring dalam dua sub kategori yakni naked dan fairing. Kurang lebih hasil sub kategori dari kami adalah sebagai berikut.

A. Naked Sport Touring

Sub kategori pertama yang kami buat adalah naked sport touring. Motor dengan tipe ini sekarang tengah tren. Motor ini identik dengan motor batangan. Salah satu motor naked sport touring adalah Yamaha Byson, Honda CB150, Yamaha Vixion dan motor serupa lainnya.

Pengertian Motor Touring dan Jenis-Jenis Motor Touring
Honda CB150 Verza. Sumber: astra-honda.com


B. Fairing Sport Touring

Motor dengan jenis ini berbeda dengan motor naked sport touring yang tidak banyak mengaplikasikan bodi plastik. Motor dengan kategori fairing sport touring biasanya dibekali dengan half fairing pada bagian depan.

Fungsi dari fairing di bagian depan tersebut adalah guna mencegah adanya angin yang langsung menerpa bagian dada dan perut.

Salah satu contoh motor dengan jenis ini adalah Bajaj Pulsar 220F.

Pengertian Motor Touring dan Jenis-Jenis Motor Touring
Pulsar 220F. Sumber: bikewale.com

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript