Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin RX King 1997



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin dari Yamaha RX King keluaran tahun 1997.


Rx King merupakan sepeda motor naked yang bentuknya sangat old school. Kubikasinya adalah sebesar 135 cc dan performa dari RX King sendiri cukup menjanjikan.

Banyak onderdil copotan dari RX King yang dicari oleh kalangan bikers, salah satunya adalah karburatornya.

Karburator dari RX King sendiri memiliki lubang venturi sebesar 26 mm. Namun meski begitu, performa dari karbu RX King tidak diragukan lagi.

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin RX King 1997

Bicara soal nomor rangka dan nomor mesin dari RX King khusunya Yamaha RX King keluaran tahun 1997. Kurang lebih nomor rangka dan nomor mesinnya adalah sebagai berikut:

Letak nomor rangka dari RX King 1997 terletak pada bagian rangka yang ada di bagian depan mesin sebelah kiri. Sedangkan nomor mesin dari RX King 1997 terletak pada bagian atas blok mesin sebelah kiri.

Untuk melihat nomor rangka, kita hanya perlu melihat bagian rangka sebelah kiri yang ada di bagian depan dari mesin RX king 1997.

Nomor rangka sendiri merupakan kumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan, oleh sebab itu jika pada area yang sudah kami sebutkan di atas terdapat kumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan, maka itulah nomor rangkanya.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar di bawah ini:

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin RX King 1997


Selanjutnya untuk nomor mesin, letaknya berada pada bagian atas blok mesin sebelah kiri. Sama seperti nomor rangka, nomor mesin pun merupakan kumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar di bawah ini:

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin RX King 1997


Untuk lebih memastikan, silahkan samakan nomor rangka dan nomor mesin yang terdapat pada RX King dengan nomor rangka dan nomor mesin yang terdapat pada STNK atau pada BPKB.

Pentingnya Nomor pada Rangka dan Mesin

Selain untuk memastikan apakah motor kita terkena recall (jika ada recall), nomor rangka dan mesin juga banyak ditanyakan pada beberapa kondisi.

 

Nomor rangka dan mesin ini biasanya kerap dicari ketika motor hendak dijual belikan secara bekas.

 

Selain itu, nomor rangka dan mesin ini juga kerap dicari ketika motor hendak digadaikan BPKB-nya.

 

Penggadaian BPKB motor harus disertai dengan pengecekan unit motor termasuk pengecekan nomor rangka dan mesinnya.

 

Selain itu saat hendak membayar pajak motor lima tahunan, kita diwajibkan melakukan cek fisik di mana cek fisik ini termasuk mengecek nomor rangka dan mesinnya.

 

Sekali lagi, nomor mesin dan rangka ini harus sesuai dengan yang tertera di STNK serta BPKB. Jika tidak, maka motor biasa dianggap bodong.

 

Jadi ketika hendak membeli motor bekas atau pun baru, harus dicek nomor rangka dan mesinnya dari sisi pembeli, apakah sudah sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB?

 

Sebab, tak jarang ada ketidaksaamaan nomor rangka dan mesin pada motor dan surat-surat karena typo dari petugas yang mengurus hal tersebut.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

sumber gambar: Youtube/ Samsat CH

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x