-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Tipe Busi Yamaha MX King 150


 
Tipe Busi Yamaha MX King 150
Sumber: yamaha-motor.co.id

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tipe busi dari Yamaha MX King 150.


Yamaha MX King 150 merupakan motor bebek yang secara desain cukup sport. Dibekali kubikasi sebesar 150 cc dan sistem pengabutan dengan jenis injeksi, Yamaha MX King 150 juga merupakan sepeda motor yang membutuhkan busi.

Busi pada mesin Yamaha MX King 150 bertugas sebagai pemantik api bagi campuran bahan bakar yang sudah dikompresikan oleh piston pada saat tahap kompresi dalam 4 langkah pembakaran mesin motor 4 tak.

Jadi bahan bakar dan udara yang sudah dicampurkan oleh injektor akan dikabutkan untuk selanjutnya masuk ruang bakar melalui klep masuk dan dikompresinkan oleh piston untuk selanjutnya diledakan pada tahap pembakaran melalui percikan yang dihasilkan oleh api.

Busi pada sepeda motor memiliki usia pakai yang artinya jika busi sudah melewati masa pakai maka dianjurkan untuk diganti karena performanya sudah mulai menurun dan berpotensi menggangu kinerja dari sistem pengapian.

Untuk mengetahui usia pakai dari busi, maka silahkan cek manual book dan lihat pembahasan soal busi.

Pada pembahasan soal busi di manual book, biasanya akan dijelaskan mengenai perberapa kilometer sekali busi harus diganti.

Jika kalian tidak memiliki manual book, maka sekedar informasi saja bahwa busi bisa tahan hingga 10.000 Km masa pakai, itu artinya jika busi sudah digunakan sejauh 10.000 Km, maka busi harus dengan segera diganti agar tidak menimbulkan kekacauan pada sektor pengapian motor.

Kembali pada topik utama dalam pembahasan ini yakni mengenai tipe busi dari Yamaha MX King 150.

Busi yang digunakan oleh Yamaha MX King adalah busi dari NGK dengan tipe CR8E. Busi sendiri tidak dapat sembarangan dipasangkan pada mesin sepeda motor.

Meski nantinya ada busi yang bentuknya serupa dan bisa dimasukan pada mesin sepeda motor, namun jika spesifikasi atau jenis businya berbeda, maka kemungkinan mesin motor tidak akan bekerja dengan optimal karena sistem pengapian tidak bekerja dengan semestinya.

Dari apa yang kami alami, ketika kami menggunakan busi yang bukan untuk peruntukannya walaupun bentuknya sama, hal yang terjadi adalah mesin sepeda motor jadi tidak mau menyala.

Jika kita hendak melakukan upgrade dengan mengaplikasikan busi aftermarket seperti busi TDR iridium, maka pastikan bahwa busi tersebut memang diperuntukan untuk Yamaha MX King 150.

Jangan sampai niatan ingin membuat motor kencang, namun faktanya malah membuat mesin motor tidak mau menyala.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript