-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Tipe Busi Yamaha Jupiter Z1


 
Tipe Busi Yamaha Jupiter Z1
Sumber: yamaha-motor.co.id
Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tipe busi dari Yamaha Jupiter Z1.


Jupiter Z1 dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merupakan sepeda motor bebek yang sudah menggunakan sistem injeksi pada proses pengabutan campuran bahan bakarnya.

Meski sudah menggunakan sistem injeksi, namun sepeda motor dengan mesin jenis motor bensin masih harus menggunakan busi.

Busi bertugas untuk memercikan api pada saat tahap pembakaran pada ruang bakar. Jadi campuran bahan bakar yang sudah dikabutkan oleh injektor akan masuk ruang bakar dan kemudian dikompres oleh piston saat tahap kompresi dan selanjutnya campuran bahan bakar yang sudah dikompresikan akan diledakan oleh percikan api dari busi.

Jika busi tidak memercikan api, maka kemungkinan sepeda motor tidak dapat menyala karena proses pembakaran pada ruang bakar mesin tidak berjalan.

Oleh sebab itu busi menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembakaran pada mesin sepeda motor.

Busi sendiri memiliki masa pakai yang mana jika masa pakainya sudah terlampaui maka harus dengan segera diganti.

Untuk mengetahui masa pakai dari busi, maka silahkan cek manualbook dari Jupiter Z1 lalu lihat pembahasan soal busi.

Pada manualbook bagian busi, biasanya akan dibahas mengenai perberapa kilometer sekali busi harus diganti.

Jika kalian sudah tidak memiliki manualbook atau buku pedoman pemilik, maka sekedar informasi saja bahwa busi bisa tahan hingga 10.000 Km.

Itu artinya per 10.000 Km, busi harus dengan segera diganti karena saat telah mencapai jarak tempuh itu kemungkinan performa busi sudah tidak ideal lagi.

Baiklah mari kita bahas kembali mengenai tipe busi yang digunakan oleh Yamaha Jupiter Z1. Busi yang digunakan oleh Yamaha jupiter Z1 adalah busi dari NGk dengan tipe CR6HSA.

Busi sendiri tidak dapat sembarangan dipakaikan pada mesin sepeda motor. Jadi meski nantinya ada busi yang ukurannya sama dan dapat dipasangkan pada mesin sepeda motor, namun jika spesifikasinya berbeda, maka ada kemungkinan pengapian pada sepeda motor akan tidak normal.

Dari pengalaman kami, ketika kami menggunakan busi dengan ukuran yang sama namun peruntukannya adalah untuk motor lain, maka mesin sepeda motor kami tidak mau menyala.

Oleh sebab itu jikalaupun kalian ingin melakukan upgrade pada sektor pengapian sepeda motor dengan cara memasangkan busi aftermarket misal busi iridium dari TDR dan lainnya, maka usahakan dan pastikan busi tersebut memang diperuntukan untuk sepeda motor Jupiter Z1.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.



Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript