-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kumpulan arti singkatan fitur dari motor Yamaha.


Pagi ini kami akan tulis beberapa fitur yang disajikan oleh motor dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lewat situs resminya yakni yamaha-motor.co.id, ada beberapa singkatan fitur yang disematkan pada ujung nama sepeda motor.

Misalnya saja Yamaha Soul GT AKS SSS. Nama atau merek sepeda motor tersebut adalah Soul GT, sedangkan AKS SSS merupakan fitur yang penamaannya disingkat dan ditempatkan di ujung nama sepeda motor.

Langsung saja kami sajikan beberapa arti singkatan fitur yang terdapat pada sepeda motor Yamaha.

1. S Version

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


S Version atau dapat juga kita terjemahkan sebagai versi S merupakan pengidentifikasian bagi sepeda motor Yamaha yang dibekali dengan fitur Smart Key System, yakni sistem kunci canggih tanpa anak kunci (Keyless) yang membuat  berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan answer back system yang memudahkan.

Salah satu contoh sepeda motor yang memiliki fitur keyless adalah Freego S Version, Freego S ABS, serta Lexi S.

2. AKS

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


Selanjutnya adalah AKS yang mana merupakan singkatan dari Advance Key System yakni berfungsi memudahkan pemilik motor mencari motornya di parkiran dengan menekan tombolnya satu kali. Fungsi lain yang bekerja dari AKS adalah Auto Open Key Shutter yang aktif saat ditekan selama dua detik untuk membuka lubang kunci otomatis dan lampu pada lubang kunci.

Salah satu sepeda motor Yamaha yang menggunakan fitur AKS adalah Mio M3 AKS dan Soul GT AKS.

3. SSS

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


SSS atau Stop & Start System  merupakan fitur eksklusif dengan sistem otomatis yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik. Sepeda motor dari Yamaha yang dibekali dengan sistem SSS adalah sepeda motor yang pada bagian belakangnya diberi nama SSS semisal Soul GT AKS SSS.

4. Connected

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


Connected mungkin bukan merupakan singkatan dan connected pada motor Yamaha merujuk pada teknologi Comunication Control Unit (CCU) yakni merupakan yang pertama di motor buatan Indonesia dan terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Fungsi utamanya adalah :
a. Phone & Message Notification
b. Parking Location
c. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery(Accu))
d. Fuel Consumption
e. Malfunction Notification

Sepeda motor yang menggunakan fitur ini adalah Yamaha Nmax 155 VVa Connected.

5. TCS

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


TCS atau Traction Control System merupakan sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi. Sejauh yang kami ketahui, motor Yamaha yang menggunakan fitur ini adalah Yamaha Nmax 155 VVa Connected.

6. ABS

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


ABS atau Anti-lock Braking System merupakan sistem pengereman terkini yang membuat berkendara jadi lebih aman karena menolak penguncian piringan cakram saat terjadi pengereman yang keras.

Sepeda motor Yamaha yang menggunakan fitur ABS salah satunya adalah Lexi ABS, Nmax ABS, R25 ABS, dan lain-lain.

7. VVa

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


VVa atau Variable Valve Actuation adalah teknologi yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin. Motor Yamaha yang menggunakan fitur mesin VVa salah satunya adalah Nmax 155 VVa, R15 VVa, dan lain-lain.

8. R Version

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


R Version terdapat pada versi Aerox 155 VVa. Dari apa yang kami pahami, R Version merupakan Aerox 155 VVa yang memiliki fitur lebih pada sektor sub-tanks type rear suspension yang berwarna emas, dimana Aerox 155 VVa non R Version tidak menggunakan shock belakang model sub-thanks type yang berwarna emas.

9. Douxo

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


Douxo merupakan versi motor Yamaha yang memiliki warna rare bahkan uniqe yakni warna yang sedikit out of the box dari motor Yamaha pada umumnya. Salah satu yang menggunakan fitur Douxo adalah MX King Douxo dan Aerox Douxo.

10. Motogp Edition

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


Motogp Edition merujuk pada motor Yamaha limited editon yang memiliki livery atau warna khas dari Yamaha M1 yang berada di ajang Motogp. Yamaha Vixion, MX King, R25, serta R15 merupakan sepeda motor dari Yamaha yang menggunakan livery tersebut (sesuai dengan stock dan tidak semua tipe motor tersebut dilengkapi dengan livery motogp).

11. R

Kumpulan Arti Singkatan Fitur Motor Yamaha


Yang terakhir adalah R yang mana terdapat pada Yamaha Vixion R. R sendiri banyak diyakini banyak orang sebagai singkatan dari racing, adapun pembeda antara Vixion biasa dengan Vixion R adalah terletak pada sektor mesin dan fitur yang mana Vixion R memiliki spesifikasi dan fitur di atas Yamaha Vixion biasa.

Sumber gambar berasal dari yamaha-motor.co.id

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript