-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Suara Knalpot 2 Silinder Untuk Motor Dengan Mesin 1 Silinder, Apa Benar Ada?

 

Suara Knalpot 2 Silinder Untuk Motor Dengan Mesin 1 Silinder, Apa Benar Ada?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai mitos knalpot sepeda motor yang diduga bisa bersuara seperti motor 2 silinder padahal diaplikasikan pada sepeda motor 1 silinder.

 

Sob, bagi kalian yang gembar gonta-ganti knalpot sepeda motor dan kerap nimbrung pada grup atau komunitas pecinta dan pengamat knalpot sepeda motor, pasti pernah kan melihat ada postingan pedagang yang mengklaim knalpot buatannya dapat bersuara seperti motor dua silinder padahal diaplikasikan atau dipasangkan pada motor dengan mesin 1 silinder?

 

Pengakuan dari pedagang tersebut tentu membuat perdebatan pada beberapa orang dan beberapa kalangan. Dan tak jarang menghinggapi pemikiran kita bahkan bisa membuat kita sulit untuk tidur wkwk.

 

Benarkan motor dengan mesin satu silinder dapat bersuara seperti motor dengan dua silinder hanya dengan mengganti knalpot?

 

Kami sendiri belum mencobanya, artikel ini kami tulis karena kebetulan kami meruapakan mantan musisi dan juga merupakan sound engineer pada bagian taking hingga mastering.

 

Kami kerap bekerja membuat suatu lagu dimulai dari pengambilan suara instrumen musik, hingga melakukan pengeditan dan penyempurnaan hingga menghasilkan suatu musik atau suatu lagu yang enak untuk didengar pada banyak perangkat.

 

Bicara soal suara mesin 2 silinder yang “dipaksakan” agar bisa dihasilkan oleh knalpot pada mesin motor 1 silinder, kami rasa hal tersebut memang bisa tetapi kami tekankan tidak akan sama persis, bahkan dapat dibilang kemiripannya di bawah 50%.

 

Secara teori, suara “khas” dari mesin dengan 2 silinder berasal dari aktivitas dapur pacu 2 silinder, sedangkan secara normal, mesin dengan 1 silinder tidak dapat bersuara seperti mesin dengan dua silinder.

 

Itu artinya yang ditekankan pada kasus ini adalah membuat knalpot dengan “ruang akustik” sedemikian rupa agar suaranya mirip dengan suara dari motor 2 silinder.

 

Jika kalian membayangkan secara penuh hanya dengan mengganti knalpot maka kita dapat  mendapatkan suara mesin 2 silinder, maka kita akan kecewa karena hal tersebut sangat mustahil.

 

Namun jika kita hanya berharap suaranya hanya “seperti” mesin 2 silinder, maka hal tersebut mungkin terjadi namun tetap tidak akan 100% sama.

 

Suara merdu dari mesin 2 silinder berasal dari mesinnya, itu artinya jika hanya mengandalkan knalpot, maka kita akan  sulit untuk mengejar suara khas dari mesin 2 silinder.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript