-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Silincer Motor Berlubang



Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab silincer motor berlubang.


Silincer atau silencer merupakan sebuah bagian pada ujung knalpot yang menjadi tempat pembuangan akhir dari emisi gas dari mesin sepeda motor. Kebanyakan silincer ini berbentuk tabung yang memanjang, kendati untuk masa kini model dari silincer sudah bervariatif.

Bentuk dari silincer berpengaruh terhadap karakter mesin sepeda motor, misalnya saja bentuknya yang panjang cenderung memiliki torsi yang rendah dan memiliki nafas yang panjang begitu juga sebaliknya.

Bicara soal silincer motor, ada suatu fenomena dimana kadang tabung silincer sering tiba-tiba berlubang seperti gambar di bawah ini.

Penyebab Silincer Motor Berlubang
Sumber: Facebook/ Jhon S Thor

Kalau tidak salah kami pun dahulu pernah mengalami hal serupa pada knalpot aftermarket kami.

Silincer yang tiba-tiba berlubang sebenarnya merupakan masalah yang diakibatkan oleh gas buang motor yang panas. Biasanya lubang pada silincer terdapat pada area yang “menahan” laju gas tersebut, seperti pada gambar di atas kurang lebihnya.

Biasanya kejadian seperti ini dialami karena pengendara sepeda motor melakukan perjalanan jarak jauh dan dengan sedikit melakukan istirahat sehingga sepeda motor mengalami panas yang berlebih.

Mungkin area mesin akan tidak apa-apa, namun ada komponen lain yang kemungkinan akan mengalami dampak buruk dari perjalanan jarak jauh dengan sedikit istirahat ini.

Salah satu yang terdampak adalah silincer sepeda motor yang kemungkinan akan berlubang karena terkena gas buang yang panas.

Pada kasus lain, yang terdampak ketika mesin motor terlalu panas adalah bagian kampas kopling yang gosong hingga habis, bagian radiator yang surut, hingga bagian piston yang menguai parah hingga menyebabkan sepeda motor enggan melaju.

Oleh karena itu penting untuk kita memperhatikan suhu pada mesin. Pada beberapa motor menganjurkan untuk berhenti setiap 1 jam perjalan, artinya jika sudah satu jam motor melaju maka kita harus beristirahat sejenak guna mendinginkan mesin.

Tetapi patokan tersebut akan berbeda-beda pada tiap motor dan contoh di atas merupakan patokan untuk Yamaha Byson karbu kami.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript