★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Membuka Baut Tutup Minyak Rem Yang Slek



Satupiston.com  - Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuka tutup minyak rem yang slek bautnya.


Pada rem dengan sistem cakram, ada suatu komponen yang dinamakan cup atau cangkir minyak rem. Kendati namanya cup atau cangkir, namun nyatanya kebanyakan motor standar menyematkan “wadah” minyak rem dengan bentuk kotak dengan tutup yang dipasang dengan model baut (terdapat dua baut yang terdapat pada tutup minyak rem standar).

Model wadah minyak rem yang kotak memang terbilang cukup safty karena lebih aman dari pecah (bahan bakunya dari logam campuran dan bukan dari plastik).

Namun dapat dibilang model wadah minyak rem yang kotak dan diikat dengan dua buah  baut memiliki sedikit kelemahan.

Selain tampilannya yang tidak racing look, kelemahan lain dari wadah minyak rem standar pabrik adalah baut tutup minyak remnya yang mudah dol atau slek. Dimana bila baut pada tutup minyak rem sudah slek maka akan menjadi kendala bagi kita untuk membuka wadah minyak rem.

Biasanya baut tutup minyak rem yang slek diakibatkan karena kesalahan saat membuka baut atau karena terjadi pengkaratan pada area drat baut sehingga membuat baut susah untuk dibuka.

Nah kami punya sedikit tips untuk membuka tutup minyak rem yang bautnya mengalami slek. Tips ini sebetulnya sudah kami tulis pada blog kami yang satu laigi, namun karena blog kami memiliki kendala pada database gambar, jadinya gambar pada blog kami terhapus semuanya dan hanya beberapa artikel yang memiliki gambar hmmm hmmm hmmm, yasudah kami tulis pada artikel ini saja.

Untuk membuka drat baut yang slek pada tutup minyak rem sebenarnya cukup mudah terlebih apabila kita memiliki obeng ketok. Jika kita memiliki obeng ketok, maka kita hanya tinggal tancapkan obeng ketok dengan mata plus pada kepala baut yang slek kemudian pukul obeng ketok dengan palu untuk kemudian tinggal putar ke kiri baut yang sudah sleknya menggunakan obeng ketok yang sudah dipukul tadi.

Namun kadang kita tidak memiliki obeng ketok dan mungkin hanya memiliki jenis obeng biasa yang ternyata membuat permukaan baut pada tutup minyak rem menjadi lebih slek wkwk.

Bila peralatan kita terbatas, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara kami berikut ini. Pertama, minimal kita memiliki obeng plus, obeng min, dan palu serta ada kain lap atau majun.

Bagaimana cara kerjanya???? Berikut kami uraikan:

1. Pertama tancapkan obeng plus pada kepala baut yang slek.

2. Kemudian kita pukul-pukul kepala baut yang sudah ditancapkan oleh obeng plus. Yang dipukulnya adalah obengnya ya.

3. Setelah itu, coba pukul-pukul tutup minyak rem dengan menggunakan obeng min dengan posisi seperti gambar berikut:

Cara Membuka Baut Tutup Minyak Rem Yang Slek


4. Sebelum memukul-mukul, tidak ada salahnya untuk melapisi terlebih dahulu obeng min dengan kain lap atau majun untuk menghindari goresan pada tutup minyak rem, jika tidak dilakukan pun tidak apa-apa.

5. Setelah selesai dipukul menggunakan palu dengan kekuatan sedang, maka selanjutnya tinggal coba putarkan baut tutup minyak rem yang slek.

6. Saat memutarkan baut dengan obeng, jangan lupa untuk menekan dengan sekuat tenaga kepala bautnya menggunakan obeng. Jika berhasil maka baut akan terbuka, namun jika gagal coba ulangi semua langkah dari awal.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript