-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti Pulser dan Fungsi Pulser Pada Motor



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti pulser dan  fungsi pulser pada motor.


Pulser pada motor merupakan salah satu komponen yang berpengaruh pada sepeda motor, jika kalian menyimak artikel kami tentang CDI, maka sudah barang tentu akan sedikit ada gambaran mengenai komponen yang bernama pulser ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan pulser dan apa fungsinya?

Arti Pulser


Pulser merupakan suatu komponen yang ada pada bagian mesin sepeda motor berbahan bakar bensin (premium, pertalite, pertamax, dan lain sebagainya) yang memiliki fungsi sebagai penentu waktu (timing) kepada CDI (capasitor discharge ignition) maupun TCI (transistor control ignition) untuk mematikan listrik dan mengubahnya pada percikan api yang akan berproses pada proses pengapian pada busi.

Fungsi Pulser


Secara garis besar, fungsi pulser adalah memberikan sinyal pada CDI atau TPI untuk melakukan tugasnya yakni memproses terjadinya pengapian. Sinyal tersebut akan diberikan oleh pulser pada derajat atau posisi piston tertentu. Oleh karenannya bila sinyalnya tidak tepat, maka akan mengakibatkan proses pembakaran akan menjadi kurang sempurna.

 Pulser memiliki bentuk yakni besi bermagnet yang dililit oleh kawat tembaga halus. Coba saja simak gambar di bawah ini untuk mengetahui tentang pulser.

Arti Pulser dan Fungsi Pulser Pada Motor
Sumber: Shopee


Pulser merupakan komponen yang dapat mengalirkan listrik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan cara menempelkan logam besi pada ujung pulser kemudian kita tarik secara berulang-ulang. Untuk mengecek aliran listrik dari pulser, kita dapat menggunakan alat seperti Avo meter dengan jarum penunjuk pada ohm meter skala x10 atau x100.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript