Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17



Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai review dari ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17.


Ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17 ini kami beli sekitar dua tahun yang lalu dengan harga sekitar Rp. 400.000an.

Cukup mahal memang, bila dibandingkan dengan pengakuan dari pembeli lain pada daerah lain.

Awalnya kami mencari ban dari Zeneos, namun karena kosong dan yang ada tinggal FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17, yasudah sikat saja lah.

Ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17 terpasang pada velg belakang Yamaha Byson yang memiliki lebar tapak 3,5 inchi.

Secara teknis, ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17 ini hampir seukuran dengan ban bawaan dari Yamaha Byson kami, hanya saja berbeda pada dimensi tingginya saja.

Ban bawaan Yamaha Byson adalah IRC Road Winner ukuran 120/ 70 ring 17, sedangkan ban FDR Genzi Pro ukurannya adalah 120/ 80 ring 17. Beda satu step dari sisi ketinggian ban, alhasil motor jadi sedikit terangkat buritannya.

Oh iya, rumah kami berada di dalam gang yang cukup sempit, sehingga untuk dapat memasukan Yamaha Byson pada belokan gang, kadang kami melakukan gerakan burn out pada ban.

Hasilnya adalah ban belakang jadi sangat mudah sekali habis, terbukti dengan odometer yang munjukan angka 26.xxx Km, kami sudah mengganti ban belakang dan harus juga mengganti ban depan yang sudah mulai gundul. Padahal bila dibandingkan dengan ban punya teman kami, ban teman kami masih lebih tebal padahal odometer kurang lebih sama jarak tempuhnya.

Oke baiklah, masuk saja pada sesi review FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17. Dari segi harga mungkin tadi sudah kami sebutkan, kendati ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17 ini termasuk ban yang berharga murah, namun kebetulan kami menebusnya dengan harga yang cukup mahal, ya anggap saja tengah tidak beruntung hehe.

Lanjut pada segi alur atau kembang dari ban FDR Genzi Pro, Dari desain tapaknya dapat dikatakan cukup unik ya. karena garis-garisnya cukup tajam serta cukup dalam. Jadi jika kalian ingin tampilan ban yang racing look, kalian akan kecewa bila membeli ban FDR Genzi Pro ini. Karena tadi, alur atau kembangnya cukup dalam.

Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17


Impresi kami mungkin kembangnya dibuat guna kepentingan segala medan kecuali jalan tanah berlumpur. Nah kembang atau alur tersebut memiliki teknologi-teknologi sebagai berikut:


  1. ABLS Desain dan material sistem penguncian bead wire dirancang agar mampu menjaga posisi ban tetap di pelek sehingga kestabilan motor terjaga. 
  2. A-Ride Desain konstruksi kembangan ban FDR dirancang untuk menghasilkan akurasi dan stabilitas pengendalian motor yang lebih baik.
  3. A-quo D Desain pola tapak berbentuk huruf “V” yang tak simetris mampu membelah air dengan sempurna.


Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17


Bahannya kami rasa masih termasuk ban dengan kelunakan medium, jadi tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Cukup cocoklah untuk harian.

Oh iya, FDR Genzi Pro ini memiliki indikator keausan ban yang cukup unik yakni terletak pada tapak kembangnya. Yang mana indikatornya terdiri dari tiga buah lubang yang memiliki kedalaman berbeda.

Jadi jika tiap lubang sudah rata dengan tapaknya, maka bisa disimpulkan bahwa ban sudah mulai aus dan musti diganti. Kami rasa cukup mudah untuk mengindikasikan keausan pada ban FDR Genzi Pro ini.

Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17


Rotasi dari ban ini hanya mendukung satu arah dan tidak bisa digunakan secara terbalik. Kemudian yang uniknya lagi dari ban FDR Genzi Pro ini adalah ketika pertama digunakan dan sekarang pun masih sering berubah warna menjadi agak  kebiru-biruan pada bagian tapak yang bersentuhan dengan aspal. Wah kenapa ya?????

Untuk maksimum beban dari ban FDR Genzi Pro ukuran 120/ 80 ring 17 ini adalah 157 Kg. Dan angin yang direkomendasikan adalah angin dingin atau nitrogen dengan tekanan 38 psi.

Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17


Dari tadi bahas terus soal tampilan, lalu bagaimana dengan performanya? Kami pernah mengunjungi situs resmi dari FDR ketika kami dulu ingin membeli ban lagi.

Kala itu ada ban FDR Genzi biasa yang bukan ban FDR Genzi Pro, dari situs resmi tersebut kalau tidak salah rata-rata nilai atau rata-rata skor untuk FDR Genzi adalah 3.5 dari total 5 skor.

Artinya FDR Genzi biasa tidak begitu istimewa dari segi performa, lalu untuk ban FDR Genzi Pro bagaimana? Berikut rangkumannya yang kami buat berdasarkan referensi dari situs FDRTIRE.COM.

Nilai untuk ban Genzi Pro adalah sebagai berikut:


  1. Untuk jalan aspal diberi skor 4 dari 5
  2. Untuk jalan berbatu diberi skor 2 dari 5
  3. Untuk jalan beton diberi skor 4 dari 5
  4. Untuk jalan tanah diberi skor 1,5 dari 5
  5. Untuk daya cengkram pada permukaan kering skornya adalah 3.5 dari 5
  6. Untuk daya cengkram pada permukaan basah skornya adalah 3 dari 5
  7. Untuk keawetan ban skornya adalah 4 dari 5
  8. Untuk handling skornya adalah 4 dari 5
  9. Untuk kestabilan saat berbelok skornya adalah 4,5 dari 5
  10. Untuk kenyamanan skornya adalah 3 dari 5

Namun untuk review dari kami kurang lebih performanya adalah..................................................................................................................................................................................................................biasa saja.

Sebelas dua belas lah performanya dengan ban bawaan dari Yamaha Byson yakni IRC Road Winner.

Sekedar info saja, pas awal kami menggunakan ban FDR Genzi Pro adalah ban terasa licin terutama saat menikung.

Awalnya kami mengira bahwa hal tersebut karena kami gunakan ban FDR Genzi Pro yang masih baru dan kami gunakan pada saat pagi hari dimana kondisi aspal masih dingin.

Namun lama kelamaan performanya sama saja untuk jalanan aspal. Bila aspal tengah panas sih lumayan gripnya.

Namun ketika pagi hari, ban FDR Genzi Pro ini lumayan licin. Licinnya bisa bikin deg-degan loh. Pasalnya saat menikung kadang sering ngesot.

Namun kabar baiknya, ketika ban FDR Genzi Pro ini digunakan pada jalanan berbatu yang basah, gripnya lebih lengket dari ban IRC Road Winner.

Mungkin kalian pernah melintasi jalan berbatu yang ukuran batunya sebesar kepala kalian? Batunya pun bukan batu pasir, melaikan serupa batu kapur yang jika terkena air atau lumpur bisa membuat kalian terjungkal dengan mudah.

Nah ban FDR Genzi Pro ketika digunakan untuk menerjang jalan bebatuan tersebut rasanya lumayan enak. Tidak mudah tergelincir. Mungkin karena efek kami gunakan motor dalam keadaan pelan. Ya memang siapa yang mau kencang-kencang di jalan yang tidak mulus?

Oh iya, untuk urusan breaking panic atau pengereman mendadak, kami rasa hasilnya lumayan lah untuk ban FDR Genzi Pro ini.

Ketika ban diajak mengerem dengan keras dan spontan, ban tidak begitu jauh ngesotnya. Jadi ketika kami gunakan ban pada jalanan beraspal dan kami lakukan pengereman mendadak dari kecepatan tinggi, ban tidak begitu ngesot dan membuat motor jadi berputar posisi.

Untuk harga resmi (bukan harga yang kami dapat) dan dengan performa serta model yang ditawarkan, kami rasa ban FDR Genzi Pro ini cocok untuk kalian yang ingin mengganti ban motor.

Kelebihan dan kekurangannya sudah kami sebutkan di atas dan semoga artikel ini membantu.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Review Ban FDR Genzi Pro Ukuran 120/ 80 Ring 17"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel