★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Shock Depan Motor Bocor


Penyebab Shock Depan Motor Bocor


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab shock depan motor bocor.


Shock  depan motor bocor menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian pengendara sepeda motor.

Meski tidak secara fatal mampu merenggut nyawa di jalanan atau membuat motor menjadi mati, namun shock depan motor yang bocor dapat membuat handling motor tidak lagi nyaman untuk digunakan.

Bila shock depan motor bocor, langkah yang harus dilakukan adalah diperbaiki dengan cara diganti seal shocknya. Bila tidak, kerusakan pada shock depan motor yang bocor tidak dapat diatasi.

Ada pepatah yang  mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati, pepatah tersebut juga nampaknya sejalan dengan artikel yang tengah kita bahas.

Ada baiknya kita mengetahui penyebab dari shock depan motor yang bocor, hal tersebut bertujuan agar kita bisa mencegah dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat shock depan motor bocor.

Lalu apa saja yang mengakibatkan shock depan motor bocor? Mari simak penjelasannya dengan seksama.

1. Terbiasa membiarkan area shock depan kotor

Bagi kita yang senang menerabas hujan, atau berkendara di area berdebu yang parah, tentunya harus lebih memperhatikan kebersihan dari shock depan terutama pada bagian asnya. Banyak kejadian as shock bocor disebabkan karena krikil kecil yang merobek seal shock depan pada motor. Bila hanya sealnya yang sobek dan bocor masih tidak mengapa, namun bila sampai as shocknya baret-baret, maka opsi perbaikannya akan membuat kantong kita jebol karena harus banyak menebus barang pengganti termasuk as shock depan motor.

2. Terbiasa menggunakan standar samping dalam waktu yang lama

Hal yang ini masih menjadi misteri dan menjadi mitos, namun banyak dipercaya karena disinyalir membuat tekanan pada salah satu shock motor menjadi lebih berat. Standar samping cenderung menjorok ke arah kiri, hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa banyak motor yang sering terparkir lama sampai berhari-hari sering mengalami kebocoran shock pada bagian kiri. Solusi efektif untuk menghindari maslaah ini adalah dengan menggunakan standar dua atau menggunakan paddock.

3. Menggunakan seal shock murahan

Bila sudah mengganti seal shock, namun tak lama masih saja bocor, bisa jadi karena seal shock yang kita beli atau yang kita gunakan adalah seal shock murahan yang tidak menjamin kualitas dan ketahanan. Hasilnya adalah selang beberapa waktu shock depan motor  kembali bocor. Saran kami adalah usahakan gunakan seal shock yang berkualitas dan minimalnya adalah seal shock original dari pabrikan.

4. Pemasangan seal shock yang tidak tepat

Menyinggung poin ketiga, selain seal shock yang murahan dan tidak berkualitas, nyatanya proses pemasangan seal shockyang tidak tepat pun dapat memicu terjadinya kebocoran kembali pada  shock depan sepada motor. Memasang seal shock memang mudah, namun bila kurang teliti, hasilnya bia tidak maksimal.

5. As shock sudah baret

Poin terakhir adalah baretnya as shock. Pada poin pertama kita sudah membahas mengenai penyebab baretnya as shock. Dan pada poin terakhir kita bahas secara lebih jauh mengenai as shock yang baret. As shock yang baret menyebabkan kemungkinan minyak shock keluar atau bocor melalui celah-celah baret pada as shock. Oleh karenannya, bila as shock sudah baret, opsi yang harus dilakukan adalah dengan mengganti as shocknya.

Nah artikel ini kami akhiri sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript