Fungsi Gas Spontan Pada Motor

Fungsi Gas Spontan Pada Motor
Sumber: Bukalapak.com



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari gas spontan pada motor.


Sob bagi kita pemilik motor injeksi maupun motor karbu, pasti pernah mendengar yang namanya gas spontan bukan?

Terutama bagi kalian yang sering oprek motor, tentu tidak asing lagi dengan part aftermarket yang bernama gas spontan.

Lalu apa sih gas spontan itu? Singkatnya, gas spontan adalah kabel gas pada motor beserta handgripnya yang berfungsi untuk mengatur besaran gas yang dibuka pada proses pengkabutan hingga pembakaran. Bedanya dengan kabel gas biasa adalah bahwa gas spontan cenderung memiliki gerak yang lebih pendek.

Hal tersebut bertujuan agar ketika kita membuka gas, maka tidak terjadi delay berlebih dari titik nol hingga ke titik akhir. Maksudnya adalah jika pada kabel gas biasa kita membuka gas secara penuh membutuhkan setengah lingkaran dari diameter stang, maka dengan menggunakan gas spontan, kita hanya perlu melakukan seperempat putaran untuk bisa melakukan gas pollllllll.

Sulit dimengerti ya? intinya adalah dengan gas spontan, maka bukaan kabel gas akan cenderung mudah mencapai maksimal.

Hal tersebut berguna untuk mencapai akselerasi dengan cepat, namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa dengan menggunakan kabel gas spontan, maka kita harus menyesuaikan kembali bukaan gas motor kita saat motor kita digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Teruntuk situasi macet, gas spontan cenderung bikin pegal, terutama bagi yang belum terbiasa. Hal tersebut karena biasanya saat macet kita menahan gas setengah putaran dengan intensintas stop and go.

Memang sulit dijelaskan, tapi kami harap kalian paham ya sob. Artikel ini kami akhiri, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.


Oh iya, sekarang desain gas spontan banyak diminati sob, hal tersebut karena terlihat racing look karena kabel gasnya disambung melalui atas dan bukan dari bawah. 


Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Gas Spontan Pada Motor"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel