Arti Knalpot Slip On Pada Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti dari knalpot slip on pada motor.


Slip on  yang berasal dari Bahasa Inggris memiliki makna menyelip atau menempel di. Kata ini merupakan sebuah penamaan bagi salah satu tipe knalpot pada motor.

Kata slip on sendiri dapat dimaknai secara bebas sebagai benda yang dapat dengan mudah dipasang dengan cara dimasukan saja.

Nah dalam knalpot, slip on biasanya digunakan untuk jenis knalpot-knalpot racing. Namun untuk era sekarang, sudah banyak knalpot dari pabrikan motor yang disertai fitur slip on. Contohnya saja Yamaha R25 dan Honda CBR 150.

Lalu seperti apa sih knalpot yang  slip on? Knalpot slip on biasanya biasa dibongkar pasang pada bagian silincernya. Dan untuk melepas dan memasangnya biasanya menggunakan rekatan dari pir atau dikunci dengan klem.


Arti Knalpot Slip On Pada Motor
Knalpot Slip On. Sumber: Tokopedia

Berbeda dengan knalpot yang tidak slip on, knapot yang tidak slip on biasanya sudah dipatenkan alias tidak dapat dibongkar pasang secara parsial.

Contohnya saja knalpot Yamaha Vixion, dimana knalpotnya sudah menyatu dari leheran sampai ke silincer. Sehingga tidak dapat diganti salah satunya saja.

Arti Knalpot Slip On Pada Motor
Knalpot non slip on. Sumber: Bukalapak


Keuntungan dari knalpot slip on ini adalah saat kita hendak mengganti silincer, dimana kita tidak usah membuka keseluruhan knalpot. Jadi hanya tinggal buka silincernya saja yang tertaut dengan leheran knalpot.

Tentunya model slip on tersebut sangat efisien dan praktis, terlebih bila motor yang hendak ganti knalpot merupakan motor yang berjubah seperti Yamaha R25 dan Honda CBR150.

Nah bagi kita yang ingin mengubah knalpot biasa kita menjadi knalpot model slip on apakah bisa? Jawabannya tentu bisa, namun harus banyak berkonsultasi dengan tukang las.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Arti Knalpot Slip On Pada Motor"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel