Apa Sebetulnya Fungsi Dari Behel Pada Motor? Dan Bahayakah Bila Dilepas?


Apa Sebetulnya Fungsi Dari Behel Pada Motor? Dan Bahayakah Bila Dilepas?


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi dari behel pada motor dan bahayakah bila behel tersebut dilepas dari motor.


Behel atau sebuah besi yang menyambung pada rangka di bodi belakang motor merupakan sebuah komponen yang banyak digunakan oleh motor-motor umum di jalan raya. Biasanya motor yang menggunakan behel merupakan motor yang sifatnya lebih pada motor untuk penggunaan harian.

Banyak motor bebek dan motor metik serta beberapa motor sport yang menggunakan atau menambahkan fitur behel pada bodi belakangnya.

Bukan tanpa alasan, behel tersebut memiliki fungsi yang cukup mempermudah aktivitas harian para pengguna motor tersebut.

Behel pada motor memiliki tugas utama untuk mempermudah penggunanya menggeserkan motornya pada saat tengah parkir atau dalam kondisi tertentu.

Selain itu, behel motor juga kadang dijadikan sebagai pijakan tangan para boncengers agar posisi duduknya lebih nyaman atau stabil. Untuk kasus ini, kendati banyak yang tidak merekomendasikan, tapi kami rasa masih bisa ditolerir selama cara duduknya tidak sembarangan.

Bila membahas mengenai boncengers yang memegang behel ketika menumpang motor, kami jadi ingat video game legend dari Rockstar yakni GTA San Andreas. Ya dimana pada permainan tersebut, ketika kita mengendarai motor lalu tandem kita ikut menumpang, maka tandem kita akan memegangi behel motor dengan tujuan sepertinya agar tidak terjatuh ketika kita mengendari motor dengan semena-mena hahaha.

Melihat dari fungsi behel tersebut, lalu mungkin muncul di sebagian benak kita, mengapa pada mayoritas motor sport tidak menggunakan atau mengadopsi komponen behel?

Ya jawabannya sederhana, karena motor sport mengejar citra sport ala-ala motor balap kelas dunia. Selain itu bila motor sport yang dimaksud terlalu besar atau dapat dikatakan moge, rasanya cukup sia-sia bila dipasangi behel. Hal tersebut karena untuk menggesernya saja perlu tenaga ekstra dan boleh jadi menggunakan behel pun masih belum bisa tergeser saking beratnya bobot motor tersebut.

Ada salah satu artikel yang mengatakan bahwa behel serupa dengan spoiler pada mobil yang bertugas sebagai aerodinamika agar mobil tetap stabil saat melaju kencang. Oleh sebabnya dikatakan oleh artikel tersebut jika dengan melepas behel akan membuat motor tidak dinamis terhadap angin dan terlihat lebih murahan.

Alasan terlihat lebih murahan karena sang penulis berfikir bahwa mobil dengan spoiler adalah mobil yang memiliki harga lebih mahal ketimbang mobil tanpa spoiler.

Namun hal tersebut tidak dapat kami benarkan, dari sisi materialnya saja sudah berbeda. Spoiler biasanya terbuat dari karbon, plastik, fiberglass, dan benda kuat ringan lainnya, sedangkan behel motor terbuat dari besi, versi ringannya adalah logam campuran.

Dengan demikian dari bahan bakunya saja, behel motor sudah tidak bersahabat dengan aerodinamika motor. Lagi pula bagaimana bisa behel menstabilkan motor dari kencangnya angin? Toh angin lebih dahulu menerpa pengguna motor.

Dengan demikian bila behel pada motor dibuka pun tidak akan membuat bahaya. Malah untuk keperluan balap akan membuat bobot motor lebih ringan. Hanya saja untuk kebutuhan harian, mending pasang saja, terlebih bila sering memarkirkan motor.

Ya kurang lebih behel hampir serupa dengan standar dua atau standar tengah pada motor. Jadi berfungsi untuk mempermudah aktivitas harian pengguna motornya. Dengan demikian bila dibuka pun tidak berbahaya, hanya saja membuat ribet kita pada saat di parkiran.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Apa Sebetulnya Fungsi Dari Behel Pada Motor? Dan Bahayakah Bila Dilepas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel