Penyebab Lampu Sein Pada Motor Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab lampu sein pada motor tidak berkedip dan bagaimana cara memperbaikinya.


Biasanya kejadian semacam ini terjadi karena kita mencopot salah satu lampu sein maupun ada salah satu lampu sein yang mati atau kita mengganti lampu sein bohlam ke lampu sein LED.

Bila kejadiannya seperti itu, sudah dipastikan hal tersebut karena flasher pada motor yang kurang bekerja dengan baik.

Flasher adalah sebuah komponen pada kelistrikan bodi motor yang bertugas untuk membuat lampu sein berkedip.

Penyebab Lampu Sein Pada Motor Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya

Bila flasher terganggu, maka proses pengkedipan pada lampu sein juga akan terganggu. Hal tersebut dibuktikan dengan lampu sein yang tidak mau berkedip atau hanya menyala biasa seperti lampu pada umumnya.

Nah lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Sederhananya, bila kronologinya adalah karena salah satu lampu sein ada yang mati, maka kita perlu mengganti lampu sein yang mati tersebut.

Tetapi jika kejadiannya adalah karena kita mengganti lampu sein bohlam ke lampu sein LED, maka kita harus mengganti flasher bawaan motor ke flasher aftermarket yang memiliki watt lebih rendah.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena flasher bekerja sesuai daya watt yang dimilikinya. Hal tersebut menyebabkan bila jumlah watt pada lampu kurang dari daya watt flasher, maka lampu sein tidak akan berkedip karena daya wattnya terlalu rendah.

Untuk itu, pada beberapa kasus, apabla kita mengganti lampu sein bohlam ke lampu sein LED, maka akan diberi lampu sein tambahan. Hal tersebut agar daya watt dari lampu sein tetap besar dan flasher mampu mengedipkan lampu.

Tetapi jika kita tidak ingin ribet, ya tinggal ganti flasher saja. harganya sendiri tidak begitu mahal. Sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 45.000. harga tersebut tergantung dengan fitur dari flasher, misal ada yang bisa berbunyi, bisa berkedip dengan waktu tertentu, ada juga yang bisa mengkedipkan semua lampu sein sekaligus.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bemanfaat dan akhir kata, sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Lampu Sein Pada Motor Tidak Berkedip dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel