Ban Vulkanisir, Ban Legal Yang Berbahaya Untuk Motor


Ban Vulkanisir, Ban Legal Yang Berbahaya Untuk Motor
Ban vulkanisir pada motor yang terlihat rusak tidak karuan. Sumber: Facebook Eko Yudi via Motorplus-online.com



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ban jenis vulkanisir mulai dari definisi hingga bahayanya jika digunakan untuk sepeda motor.


Nah di luaran sana banyak sekali jenis ban baik itu ban bekas maupun ban baru (salah satu artikelnya mengenai ban bekas suntkan ada disini).

Dan salah satu jenis ban bekas yang legal dengan syarat tertentu dalam penjualannya adalah ban vulkanisir.

Apa itu ban vulkanisir? Dilansir dari Kompas.com, ban vulakanisir adalah ban yang dibuat dengan mebuang sisa-sisa karet dan menambahkan kembali karet.

Maksudnya bagaimana? Sepengetahuan kami, ban vulkanisir itu adalah ban yang tapaknya telah diganti dengan tapak baru. Cara memperbaharui tapaknya tidak seperti ban suntikan yang diukir ulang. Tetapi dengan membuang karet tapek yang aus kemudian diganti dengan karet tapak yang baru.

Dari penelusuran berbagai sumber, ban vulkanisir hanya diperbolehkan untuk target kendaraan-kendaraan perusahaan dan tidak boleh digunakan untuk kendaraan pribadi apalagi untuk sepeda motor.

Hal tersebut dikarenakan performa dari ban vulkanisir yang terbatas yakni sekitar 60%-70% dari performa ban baru.

Nah kebetulan kami pernah melakukan Praktik Kerja Lapangan di PT. Pumarin Bandung Barat. Dari hasil Praktik Kerja Lapangan tersebut kami jadi tahu bahwa ban dari truk di sana kebanyakan menggunakan ban vulkanisir, hal tersebut bertujuan untuk menekan biaya perawatan ban.


Ban Vulkanisir, Ban Legal Yang Berbahaya Untuk Motor
Ban vulkanisir pada kendaraan berat.


Kemudian mungkin kita akan bertanya apakah ban vulkanisir dijual untuk motor? Ternyata ban bekas rasa baru ini juga dijual secara ilegal atau curang untuk motor.

Simak saja gambar dari akun Facebook Eko Yudi via motorplus-online.com.


Ban Vulkanisir, Ban Legal Yang Berbahaya Untuk Motor
Ban vulkanisir pada motor yang terlihat rusak tidak karuan. Sumber: Facebook Eko Yudi via Motorplus-online.com


Dari penuturan Eko Yudi, dikatakan bahwa dirinya membeli ban motor baru di bawah harga Rp.100.000, dirinya tidak menaruh curiga karena ban yang berharga tak wajar tersebut dibungkus rapih dan tidak menunjukan hal-hal yang gajil.

Namun na’as ketika digunakan, tapak ban terkelupas dan membuat spatbor serta filter udara motornya menjadi hancur.

Dari kronologi di atas, dapat kita pastikan bahwa sejatinya praktik curang yang berbahaya tetap ada disekitar kita. Maka dari itu dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam membeli ban terutama ban yang berharga miring.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru kepada kita semua. Akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Ban Vulkanisir, Ban Legal Yang Berbahaya Untuk Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel