-->

4 Penyebab Kick Starter Ngelos, Jangan Dibiarkan !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari kick starter ngelos pada motor.

 

Menjadi sangat mengkhawatirkan jika aki sudah tekor dan tidak kuat untuk melakukan start mesin. Ditambah lagi, ternyata kick starter ngelos dan tidak bisa untuk melakukan start mesin juga.

 

Hmm, jangan sampai dibiarkan !!! pasalnya jadi sangat rugi jika kick starter dan elektrik starter tidak dapat berfungsi.

 

Dalam artikel ini, kita coba fokus saja mengenai penyebab kick starter ngelos. Sebab mau tidak mau, kick starter ini harus berfungsi jikalau suatu saat di jalan tiba-tiba aki ngadat dan tidak mau start mesin.

 

Baca JugaStarter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak, Ini 5 Penyebabnya !!!

 

Langsung saja, berikut penyebab kick starter ngelos pada motor:

1. Tuas Kopling Terlalu Rapat

Penyabab ini hanya berlaku untuk mesin motor berkopling manual. Di mana kita tahu bahwa di motor berkopling manual setelan kopling bisa diatur dari tuasnya (selain dari koplingnya langsung).

 

Nah jika kita menyetel tuas kopling dengan tidak tepat (terlalu pendek hingga fork kopling tertarik), maka kemungkinan kick starter akan ngelos. Biasanya ini terjadi pada motor berkopling manual dari Honda, di mana analoginya adalah ketika tuas kopling ditarik walau sedikit, maka kick starter akan otomatis ngelos.

 

Hal ini sedikit berbeda dengan beberapa motor sport Yamaha yang berkopling manual, di mana saat kita tarik tuas kopling, kick starter masih mau bekerja dan tidak ngelos.

 

2. Setelan Kopling Tidak Tepat

Penyebab lain dari kick starter ngelos ini biasanya dialami oleh motor berkopling manual dan juga motor berkopling semi otomatis.

 

Baca JugaCara Menyetel Kopling Motor Bebek

 

Terlebih untuk motor sport dari Yamaha yang berkopling manual, biasanya ada juga setelan kopling di wilayah lawan kaki empatnya.

 

4 Penyebab Kick Starter Ngelos, Jangan Dibiarkan !!!
 

Tapi kebanyakan penyebab ini terjadi pada motor bebek berkopling semi otomatis. Opsinya adalah dengan menyetel bagian koplingnya agar tidak terlalu rapat.

 

Bisa jadi, meski sudah disetel, kopling masih tidak normal. Hal ini wajar, sebab bisa jadi juga kerusakan lain tengah terjadi yakni bagian kopling di dalam mesin yang sudah mulai aus baik dari kampas kopling, pelat gesek, lawan kaki empat, kaki empat dan lain sebagainya.

 

3. Kopling Aus

Penyebab lainnya adalah karena sistem kopling sudah aus. Baik itu dari kampas kopling, pelat gesek, rumah kopling, lawan kaki empat hingga kaki empat. Opsi untuk memperbaiki ini adalah dengan mengecek komponen yang rusak dan menggantinya.

 

Baca Juga3 Penyebab Kick Starter Mio Ngelos, Bikin Kesel !!!

 

4. Kompresi Mesin Bocor

Penyebab terakhir namun beranak adalah kompresi mesin yang bocor. Beberapa penyebab dari kompresi yang bocor adalah sebagai berikut:

  • Busi longgar
  • Klep dipasang dengan celah yang tidak tepat
  • Ring piston aus
  • Dinding silinder baret atau aus

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.



Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x