-->

3 Penyebab Kick Starter Mio Ngelos, Bikin Kesel !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kick starter Mio ngelos.

 

Memang sangat menyebalkan jika motor mengalami masalah, selain dapat mengganggu mobilitas sehari-hari kita, motor yang bermasalah juga dapat membuat kita celaka baik secara nyata atau hanya sekedar “khiasan”.

 

Well, salah satu masalah yang sebenarnya jarang terjadi pada motor Mio adalah kick starter yang ngelos atau terasa lebih ringan.

 

Ringan atau ngelosnya kick starter pada Mio ini adalah ketika kick starter tidak sekeras atau seberat biasanya. Pada beberapa kasus, kadang ngelosnya kick starter ini juga dibarengi dengan matinya fungsi kick starter untuk menghidupkan mesin.

 

3 Penyebab Kick Starter Mio Ngelos, Bikin Kesel !!!

Jika sudah begini, benar-benar membuat kesal bukan? Lalu, apa penyebab dari kick starter yang ngelos?

1. Busi Longgar

Salah satu penyebab dari kick starter yang ngelos adalah busi yang longgar. Sebenarnya saat kick starter ngelos, maka biasanya kompresi pada mesin motor tengah bocor.

 

Pada motor dengan kopling manual, selain kompresi yang hilang, celah kopling yang terlalu rapat juga dapat membuat kick starter jadi ngelos.

 

Nah jika kick starter tiba-tiba ngelos padahal motor Mio-nya oke-oke saja, coba dulu cek businya, siapa tahu longgar.

 

FYI, jika busi dibiarkan longgar, selain membuat kick starter ngelos, maka bisa juga membuat busi tersebut terpental dari mesin karena dihantam oleh kompresi dari piston.

 

2. Klep Bocor

Penyebab lain dari kompresi mesin yang melemah dan membuat kick starter jadi ngelos adalah karena klep mengalami kebocoran.

 

Biasanya kebocoran pada klep terjadi karena usia pakai yang sudah sangat lama, atau terkadang karena pemasangan yang tidak sesuai.

 

Opsi perbaikan ini adalah dengan mengecek langsung bagian header mesin dan cek kembali katup atau klepnya.

 

3. Piston Rusak

Penyebab lain dari kompresi yang bocor dan ngelosnya kick starter adalah karena kondisi piston sudah rusak baik karena ring piston yang sudah aus, atau bisa juga dinding silinder atau boring yang sudah aus (baret).

 

Tanda dari kerusakan ini selain dari ngelosnya kick starter adalah keluarnya kepulan asap putih dari knalpot saat mesin menyala. Tanda ini juga berlaku jika klep mengalami kebocoran.

 

Pada dasarnya masih ada penyebab lain dari ngelosnya kick starter pada Mio. Untuk lebih memastikan, silahkan kunjungi bengkel terpercaya agar kerusakan dapat dianalisis lebih lanjut.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x