-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kawasaki MotoGP 2021, Masih Belum Ada Pergerakan?

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kawasaki menjadi salah satu parbikan motor yang dinanti-nanti comback-nya di ajang MotoGP. Ya, ironi memang, salah satu brand ternama di kawasan Asia ini nampak masih “mengurung diri” dari kejuaraan MotoGP.

 

Kawasaki sendiri tercatat pernah ada di ajang MotoGP dari tahun 2002 dan bubar karena krisis finansial pada tahun 2008.

 

Meski bubar, motor Ninja milik Kawasaki tercatat masih dibalapkan di tim Hayate Racing Team pada tahun 2009. Meski memang pada tahun 2009, Kawasaki hanya membalapkan 1 motor.

 

Pada tahun 2009 tersebut, Kawasaki mendapat keringanan dari Dorna agar dapat membalap dengan 1 motor.

 

Namun pada akhirnya setelah tahun 2009, Kawasaki benar-benar hengkang dari ajang MotoGP dan lebih fokus di WSBK atau World Superbike.

 

Sebenarnya, selain karena masalah krisis ekonomi, alasan lain yang melatar belakangi Kawasaki mantap pergi dari MotoGP adalah karena Kawasaki kurang kompetitif di ajang MotoGP.

 

Bahkan kini di era tahun 2015 hingga tahun 2020, tercatat Kawasaki dengan pembalapnya yakni Jonathan Rea menjadi salah satu komposisi yang menakutkan di WSBK. Kawasaki dan Rea tercatat sudah meraih 6 gelar juara dunia di WSBK.

 

Kawasaki dan MotoGP 2021

Kawasaki MotoGP 2021, Masih Belum Ada Pergerakan?
Ninja ZX-10RR MY 2019

Sejauh ini hingga jeda paruh musim 2021, Kawasaki masih terlihat sunyi dengan MotoGP. Meski beberapa waktu lalu (di tahun 2020), Kawasaki dikabarkan meminta wildcard di beberapa serie menggunakan ZX10R modif.

 

Namun hal tersebut ditentang oleh Dorna, pasalnya Dorna hanya memperbolehkan motor prototype yang dibalapkan dan bukan motor massal yang dimodif.

 

Motor prototype sendiri adalah motor yang dibuat dan dikembangkan khusus untuk balapan, sedangkan motor massal adalah motor yang dijual dan diproduksi di pasaran seperti Kawasaki Ninja ZX-10R.

 

Bos Dorna Sport sendiri pernah menyatakan bahwa Kawasaki tidak pernah benar-benar mangajukan wildcard pada Dorna secara resmi.

 

Adapun jika benar mengajukan pada Dorna, maka kemungkinan besar permintaan Kawasaki akan ditolak.

 

Sebab wildcard hanya diberikan pada tim pabrikan yang sudah ada di MotoGP. Misalnya Yamaha atau Honda atau Ducati atau KTM atau Suzuki atau Aprilia yang saat ini ada di MotoGP.

 

Sedangkan untuk Kawasaki, pabrikan yang identik dengan warna hijau tersebut tercatat saat ini belum ada di MotoGP dan berkemungkinan kecil dapat mengajukan wildcard.

 

Namun terlepas dari itu, Kawasaki masih dinantikan kembali ke MotoGP. Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel




x