-->

Arti PnP Knalpot, Ini Maksudnya !!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari PnP knalpot.

 

Dalam dunia otomotif baik itu motor atau mobil, pasti akan disuguhkan dengan berbagai jenis istilah-istilah.

 

Salah satunya adalah istilah PnP pada knalpot. istilah ini semakin menyeruak kala era marketplace online dan jual beli secara online semakin menjamur.

 

Lalu, apa sih arti atau maksud dari PnP knalpot? mari kita bahas bersama dalam artikel ini.

 

Arti PnP Knalpot

Arti PnP Knalpot, Ini Maksudnya !!


PnP adalah singkatan dari Plug and Play, terjemahannya adalah pasang dan mainkan. Maksud dari PnP sendiri adalah benda atau barang yang dapat dipasangkan secara langsung tanpa adanya banyak ubahan atau settingan.

 

Adapun huruf “n” pada PnP ini mengacu pada penyebutan and yang akan terdengar seperti huruf “n” jika disebutkan.

 

Soal knalpot, komponen yang satu ini fungsinya adalah sebagai tempat keluarnya gas buang yang dihasilkan oleh mesin kendaraan bermotor.

 

Sebenarnya, tanpa knalpot pun gas buang dapat langsung keluar dari katup ex. Namun dengan knalpot, emisi gas buang dapat ditekan. Selain itu, pada beberapa kontruksi knalpot dapat memberikan karakter performa dan suara yang berbeda-beda.

 

Jadi, arti PnP knalpot adalah knalpot yang dapat dipasangkan secara langsung pada kendaraan tertentu tanpa adanya ubahan atau settingan yang berarti.

 

Biasanya, PnP knalpot ini diperuntukan untuk knalpot aftermarket atau knalpot racing yang dapat dipasangkan pada beberapa jenis kendaraan. Misalnya knalpot racing yang dapat dipasangkan pada motor Vixion dan R15.

 

Tapi, Jangan Tertipu Soal PnP

Meski PnP mencerminkan barang yang dapat dipasangkan secara langsung, namun pada faktanya tidak jarang beberapa barang tidak “PnP”.

 

Ya, terkadang ada oknum penjual tidak bertanggung jawab yang berfikir “asal barang laku”, masalah barang berfungsi atau tidak itu urusan belakangan.

 

Oleh karenanya, sebisa mungkin cari knalpot yang benar-benar diperuntukan untuk motor atau mobil yang kita miliki.

 

Sebab biasanya knalpot “persamaan” memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja harus potong leheran, las leheran, breket kurang pas, akselerasi jadi tersendat, hingga akselerasi jadi ngelos.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x